Pentingnya Penilaian Bisnis untuk Perusahaan Kecil dan Menengah

Pentingnya Penilaian Bisnis untuk Perusahaan Kecil dan Menengah

Penilaian bisnis merupakan aspek penting dalam memiliki bisnis, terutama bagi pemilik usaha kecil dan menengah. Jika, pada waktu tertentu, pemilik bisnis tidak memiliki gagasan yang cukup jelas tentang nilai bisnisnya, mereka terbatas pada apa yang dapat mereka lakukan untuk meningkatkan nilai bisnis mereka dari waktu ke waktu Jasa Pendaftaran Merek Dagang Jakarta. Mempersiapkan rencana keluar sangat penting bagi pemilik bisnis bahkan ketika mereka tidak memperkirakan penjualan selama bertahun-tahun yang akan datang karena ketika saat itu tiba, setiap pemilik ingin mendapatkan harga terbaik untuk pekerjaan hidup mereka.

Pada akhirnya, setiap bisnis berpindah tangan karena sejumlah alasan – pemilik atau pemilik pensiun, laba gagal memenuhi harapan, pemilik menjadi lelah dan menginginkan perubahan gaya hidup, satu mitra ingin membeli yang lain, kematian, kekurangan ahli waris – Anda mendapatkan gambarnya. Sementara itu, penentuan nilai bisnis di masa depan dimulai dengan nilai bisnis di pasar saat ini untuk dijadikan sebagai dasar.

Penilaian bisnis paling baik dilakukan oleh tim profesional termasuk pialang komersial, akuntan, dan pengacara, semuanya berpengalaman dalam menentukan nilai pasar suatu bisnis dan bagaimana meningkatkan nilai tersebut. Pemilik bisnis harus melakukan pendekatan langsung terhadap proses penilaian bisnis sehingga mereka memahami bagaimana memaksimalkan nilai bisnis di masa depan.

Penilaian awal menetapkan dasar dari mana nilai bisnis dapat disesuaikan dengan keputusan bisnis yang berbeda. Pada dasarnya, proses penilaian mempertimbangkan aset bisnis saat ini, nilai bisnis kepada pihak luar (termasuk merek, permintaan pelanggan, dan keuntungan), dan perbandingan bisnis serupa di pasar. Formula ini akan berbeda untuk setiap bisnis berdasarkan ukuran, lokasi, industri, dan lainnya.

Termasuk dalam aset adalah aset keras seperti bangunan (jika dimiliki oleh bisnis), mesin, teknologi, dan semacamnya. Selain itu, aset yang kurang berwujud adalah bagian dari penilaian seperti pendapatan historis dan proyeksi, ukuran basis pelanggan dan pola pembelian mereka, paten, merek dagang, penulisan salinan, dan nilai merek. Aspek lain dari proses penilaian adalah mengidentifikasi keuntungan dan kerugian unik dari bisnis tertentu seperti seberapa baik bisnis tersebut telah mengembangkan ceruk untuk dirinya sendiri di industri yang relevan, reputasi seperti apa yang dimiliki bisnis, dan reputasi bisnis online. seperti.

Leave a Comment